Minggu, 14 Maret 2010

Wortel, Telur dan Kopi


Suatu hari seorang anak merasa kesal dan putus asa atas cobaan dan masalah yang selalu menimpa dirinya. dia selalu mengeluh dan marah-marah. Suatu ketika ayahnya, yang seorang koki, mendengar keluh kesah anaknya itu. lalu anak itu di bagalah oleh ayahnya ke dapur. Tanpa sepatah katapun ayahnya meletakkan 3 panci yang telah di isi oleh air. Kemudian ayahnya merebus 3 panci itu secara bersamaan hingga airnya mendidih. Seletah ketiganya mendidih ayahnya memasukan wortel pada panci yang pertama, Telur pada panci ke dua dan Kopi pada panci ke tiga. Setelah beberapa saat Ayahya mematikan apinya dan menyuruh anaknya untuk mengecek ketiga panci tersebut. Ternyata setelah dilihat panci pertama yang berisi wortel menjadi Lembek, kulitnya sangat lemah dan mudah untuk di patahkan. Di panci yang kedua yang berisi telur mengalami perubahan dalam telu yang tadinya lembut, berair dan mudah pecah sekarang menjadi dalamnya menjadi keras, padat dan sukar untuk dipecahkan. Dan di panci yang terakhir yang diisi dengan kopi mengalami perubahan kopi menyatu dengan air dan mengeluarkan aroma yang harum lagi lezat. Setelah anak itu melihat ketiga panci, Ayahnya berkata 'Hal apa yang kau tangkap nak?'. anak itu menjawab 'aku tidak tahu tapi yang pasti ketiga benda yang dimasukkan telah mengalami perubahan'.

Dari cerita di atas dijelaskan bahwa Wortel yang sebelum di rebus memiliki badan yang kuat, padat dan sukar untuk dipatahkan tetapi setelah di rebus Wortel menjadi Lembek, loyo dan mudah di patahkan. Yang kedua telur, Sebelum di rebus telur memiliki kulit yang keras akan tetapi mempunyai dalam yang lembut, halus dan berair tetapi setelah di rebus dalam telur menjadi keras, dan padat. Dan yang ketiga Kopi, sebelum di rebus kopi berbentuk padat, pahit dan kecil ukurannya tetapi setelah di rebus kopi menjadi menyatu dengan air rebus itu dan mengeluarkan aroma yang harul lagi lezat, semakin panas air didihan itu makan semakin nikmat pula kopi yang akan dihasilkan.

Dari cerita di atas dapat di simpulkkan bahwa Umumnya manusia memiliki 3 perubahan sikap ketika mengalami cobaan. Yang pertama sifat worte, Sebelum mendapat cobaan orang biasanya tegar, kuat, tidak mudah goyah dan percaya diri tetapi setelah di timpa dengan masalah yang sulit mereka menjadi lemah, putus asa, tidak kuat, dan mudah untuk di robohkan. Dan sifat yang kedua adalah telur, Biasanya sebelum di timpa maslah mereka adalah sosok yang baik walau keras sikapnya, mereka sangat halus bertutur kata dan hatinya tetapi setelah di timpa masalah yang sulit seperti di putusin sama pacarnya atau di tinggal dengan orang disayanginya mereka menjadi keras hati dan sikapnya, susah untuk kembali lagi karena hati yang tadinya lembut telah berubah menjadi keras. Sifat ini diusahan untuk dihindari. Dan sifat yang ketiga adalah Kopi, Biasanya sebelum mereka di timpa masalah mereka seperti biasa tetapi setelah di timpa dengan masalah yang sulit mereka berubah menjadi sosok yang tegar, bisa mengerti masalah dan dapat menyelesaikan masalah itu, Menyatukan dengan masalah sehingga menimbulkan sikap ikhlas, tabah dan pasrah kepada Ilahi. Begitulah ketiga sifat manusia setelah di timpa dengan masalan yang cukup sulit secara bertubi-tubi. Dan sekarang giliran anda, menurut anda anda termasuk sifat yang mana, yang worte, yang telur ataukah yang kopi,, silahkan anda merenungkannya.

0 komentar:

Posting Komentar

disini tempat untuk berkomentar dengan kebebasan anda,,,